Monday, December 31, 2018

Poin Penting Buku "Hypno Leadership"

Standard

Buku berjudul “Hypno Leadership” karya Mohammad Zazuli merupakan salah satu buku bertema kepemimpinan. Lebih spesifik membahas tentang penerapan konsep hypnosis dalam kepemimpinan. Beberapa poin penting dari buku ini yang membuat saya berkesan antara lain.


1.    Definisi konsep kepemimpinan yang luas
Bahwa pemimpin itu tentang pengaruh, melayani,mendorong, memberi contoh, menyemangati, inovatif, dan visioner. Tidak ada definisi tunggal dari kepemimpinan.

2.    Kepemimpinan hypno didefinisikan sebagai konsep kepemimpinan yang “secara tidak sadar” dapat mempengaruhi orang lain sehingga orang lain secara suka rela mengikuti  kehendak pemimpin. Konsep hypnosis sendiri sederhana, dengan mengubah kondisi gelombang otak dari beta ke alpha atau theta. Dengan demikian batas kritis antara otak kanan dan kiri dapat ditembus dan objek dapat dipengaruhi.

3.    Konsep menomor-satukan orang lain
Bahwa seorang pemimpin tidak akan pernah menjadi pemimpin hebat jika dia belum bisa mengedepankan orang lain. Berhenti berkata tentang “aku”, katakana tentang “kita”. Hargai dan apresiasi orang lain. Anggap orang lain itu penting bagi kita. Dengan demikian orang lain juga akan menganggap kita penting. Pada dasarnya setiap orang akan melakukan sesuatu yang sesuai dengan kepentingannya.

4.    Melibatkan orang lain
Kedepankan asas partisipasi publik. Ajak orang lain untuk aktif ikut serta membangun organisasi, buat mereka merasa memiliki dan siap berkorban untuk kemajuan organisasi. Termasuk, berkolaborasilah. Carilah titik temu diantara perbedaan yang ada.

5.    Jadilah pemimpin versimu. Karena pada dasarnya setiap orang punya karakter yang berbeda. Itu dipengaruhi oleh latarbelakang keluarga, lingkungan, dan pengalaman. Sehingga ketiga faktor itu memang penting dan berkaitan erat dengan karakter seseorang.

Bersamaan dengan lima poin baik itu, buku ini memiliki sisi kontradiktif. Yaitu menuliskan konsep kepemimpinan berdasarkan gen/keturunan dan secara tersirat menolak konsep itu juga dengan mengatakan peran lingkungan dalam membentuk  karakter pemimpin. Selain itu, buku ini juga secara tersirat memiliki fungsi “pembentukan citra” salah satu politisi di Indonesia.

Demikian sekilas tentang buku “Hypno Leadership”. Terlepas memiliki kekurangan, buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh kalian yang ingin belajar konsep kepemimpinan.

0 komentar:

Post a Comment